Linux VS WindowsArtikel ini saya review dari tulisan bapak Gunung Sarjono di PCMedia 5/2011. Menarik untuk mengetahui kekurangan Windows dibanding Linux, Selama ini kita berpikir Windows selalu memberikan yang lebih baik daripada Linux. Ada baiknya kita juga mengetahui apa saja kekurangan Windows dibanding Linux.

Jika anda terlebih dahulu menggunakan dekstop Linux, mungkin  anda merasa seperti membentur tembok ketika menggunakan Windows, berikut gangguan pada windows yang tidak ada pada Linux.
1. Virus/Malware
Menggunakan Windows tanpa  menginstall Antivirus sangat berbahaya. Meskipun telah menginstall antivirus, komputer anda masih saja bisa terinfeksi. Bahkan antivirus di windows dapat menghalangi program-program lain. Linux terbukti lebih unggul dalam hal ini, meskipun anda menggunakan Antivirus di linux, jarang sekali anda melihatnya menghalangi program lain.
2. Jaringan Bermasalah
Windows memiliki dukungan hardware yang luas, tetapi bukann berarti hasilnya lebih baik. Setelah jaringan pada Linux di konfigurasi, anda akan jarang sekali mendapat masalah. Walaupun anda mengalaminya, masalah dapat dilacak sampai ke sumber eksternal. Jika mesin linux mengalami masalah, hampir selalu bisa diselesaikan dengan restart sistem jaringan. Linux memang dibangun untuk berada dalam jaringan.
3. Lambat
Coba ingat, kapan mesin windows anda secara misterius melambat? Apa penyebabnya? Fragmentasi, virus, malware, atau kehabisan resource? Atau bahkan anda tidak dapat memecahkan masalahnya? Dengan Linux (terutama yang misterius) hampir tidak ada, terutama pada server Linux.
4. Crash
Ketika aplikasi di windows mengalami crash, sulit sekali menemukan penyebabnya, cobalah melakukan debug aplikasi di windows, sama sekali tidak semudah di Linux. Ketika dijalankan, Aplikasi di Linux akan berjalan dengan baik sampai anda berkata ‘tidak lagi’. Bahkan jika memang crash, mudah untuk mengetahui penyebabnya.
5. Berbagi printer tidak praktis

Dengan rilis terbaru GNOME, Sharing Printer di Linux sangat mudah. Anda dapat mengatur printer untuk setiap sistem operasi. Cobalah berbagi printer antara Windows XP dan Windows 7 tanpa merasa seperti ingin menarik rambut anda.
6. Memakan Resource
Menggunakan Windows 7 dengan RAM kurang dari 2GB seperti bekerja dalam gerak lambat. Ketika RAM dilahap oleh Aplikasi, pekerjaan menjadi semakin lambat. Hal ini tidak terjadi di Linux, Linux lebih baik dalam menangani resource sistem.
7. Keamanan
Windows datang lengkap dengan celah keamanan dan Microsoft lambat merilis patch untuk menambalnya. Linux tidak kebal, tetapi tidak mudah terkena serangan dan lebih cepat perbaikan masalahnya.
8. Flexibilitas
Keluar dari kotak, apa yang bisa anda lakukan dengan windows? Anda dapat browsing dan menerima email. Keluar dari kotak apa yang bisa anda lakukan dengan Linux? mungkin pertanyaan yang lebih tepat apa yang tidak bisa anda lakukan dengan Linux ?
9. Kemampuan bekerja sama
Jarang ditemukan sistem yang tidak bisa terhubung ke Linux, Mencakup OS X, WIndows, OS/2, bahkan PlayStation. Tanpa bantuan software pihak ketiga, Windows sama sekali tidak bisa bekerjasama. Sedikit menyinggung format, dengan Open office kita dapat membuka dan menyimpan format apapun. Bagaimana rasanya hanya bisa membuka format docx dengan word 2007 keatas ?
10. Evolusi
Microsoft perlu lima tahun untuk memperbaiki Windows Vista dan merilis Windows 7. Berbanding terbalik dengan tanggal rilis Microsoft yang sangat jauh, rilis baru pada linux tersedia setiap 6 bulan dan memasukkan lompatan tekhnologi yang signifikan. Linux sejalan dengan pengguna, Microsoft?

Sources  : hasilbrowsing.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran yang sangat berguna serta membawa manfaat yang besar dan dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini dengan syarat-syarat sebagai berikut :
✖Komentarlah sesuai tema
✖Komentarlah dengan baik dan sopan
✖Jangan berkomentar SARA
✖Jangan sampai Spam
✖Jangan Asal COPAS. kalau mau COPAS. silahkan sertakan link sumber

(-‿-) Trimakasih (-‿-)
@Ikhwan Alfath

 
Sahabat Sejaties © 2014. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top