Tutorial ringan ini membahas cara memfungsikan pc yang kita pakai sehari – hari sebagai server XMPP, yang bisa kita buat untuk server ber-chatting ria dalam lingkup terbatas bareng teman – teman chatting kita.
YUK FUNGSIKAN SERVER KANTOR JADI SERVER CHATING….. !
Lho kok…?!! Apa gak salah judulnya? Kenapa server kantor? Kenapa bukan komputer sendiri kek tulisan sejenis lainnya? Wkakak…. Jangan bahas judul, Man !!! Tapi klo bisa nyisipin aplikasi – aplikasi yg kita butuhkan ini untuk running di server punyaan kantor kenapa tidak? Itu kan lebih bagus… (mangsudnya bagus di kita gak enak di dia… )
BTW, anda tentu pernah mendengar aplikasi Exodus, Pandion, Pidgin, Jabber atau Client Server XMPP lainnya? Anda punya account di Nimbuzz.com? Nah… tulisan ringan ini akan coba ngebahas caranya menjadikan PC kita (atau punyaan kantor lebih baek…)  sebagai server XMPP dari aplikasi – aplikasi client tersebut menggunakan Openfire versi 3.6.4.
Gampangnya gini, klo project-nya sukses, semisal tadinya aku pake nick kangdharmo@nimbuzz.com untuk chating pa temen – temen, maka setelah server XMPP rakitan kita berhasil dijalankan, maka aku bisa pake nick kangdharmo@[domain_aku]
Langsung ke inti tulisan, sebelumnya ada beberapa tool yang perlu dipersiapkan untuk membuat project ini. Klo aku sendiri pake tool berikut :
1.    MySQL ( dunlud mysql-essential-5.0.67-win32.msi di sini )
2.    MySQL Tool ( dunlud mysql-gui-tools-5.0-r13-win32.msi di sini )
3.    Openfire ( dunlud openfire_3_6_4.zip disini)
Namun perlu di inget juga, sebelumnya pada system kita aplikasi netframework n java juga kudu dah terinstal untuk dapat menjalankan program ini.
Download Tulisan Lengkap : imambk-xmpp_server

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran yang sangat berguna serta membawa manfaat yang besar dan dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini dengan syarat-syarat sebagai berikut :
✖Komentarlah sesuai tema
✖Komentarlah dengan baik dan sopan
✖Jangan berkomentar SARA
✖Jangan sampai Spam
✖Jangan Asal COPAS. kalau mau COPAS. silahkan sertakan link sumber

(-‿-) Trimakasih (-‿-)
@Ikhwan Alfath

 
Sahabat Sejaties © 2014. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top