XAMPP adalah PHP bundle yang didalamnya sudah ada Apache, MySQL dan beberapa aplikasi yang mungkin dibutuhkan dalam mengembangkan aplikasi berbasis web server. antara lain filezilla, Mysql admin dan lain-lainya.  Webserver adalah sebuah layanan (server) yang berfungsi untuk melayani permintaan halaman-halaman web, seperti website.
Web Server Apache
Apache merupakan web server yang paling banyak dipergunakan di Internet. Program ini pertama kali didesain untuk sistem operasi lingkungan UNIX. Namun demikian, pada beberapa versi berikutnya Apache mengeluarkan programnya yang dapat dijalankan di Windows NT. Apache mempunyai program pendukung yang cukup banyak. Hal ini memberikan layanan yang cukup lengkap bagi penggunanya. Beberapa dukungan Apache :

1.    Kontrol Akses.
Kontrol ini dapat dijalankan berdasarkan nama host atau nomor IP
2.    CGI (Common Gateway Interface)
Yang paling terkenal untuk digunakan adalah perl (Practical Extraction and Report Language), didukung oleh Apache dengan menempatkannya sebagai modul (mod_perl)
3.    PHP (Personal Home Page/PHP Hypertext Processor)
PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain. Apache mendukung PHP dengan menempatkannya sebagai salah satu modulnya (mod_php). Hal ini membuat kinerja PHP menjadi lebih baik.
4.    SSI (Server Side Includes) dll.
Cara menginstal XAMPP di Linux
XAMPP sangat mudah dalam penginstallnya, kali ini akan kita bahas cara pemnginstalan XAMMP di linux:
1. Download XAMPP disini
2. Buka terminal, masuk kedirektori tempat file XAMPP
3. Ekstrak file tersebut ke direktori /opt dengan perintah (ganti nama file sesuai nama file XAMPP yang anda download) :
sudo tar xvfz xampp-linux-1.5.4a.tar.gz -C /opt
4. Kemudian jalankan XAMPP
sudo /opt/lampp/lampp start
5. Jika ada masalah coba ulangi langkah-langkah dari awal.
6. Setelah instalasi selesai, selanjutnya adalah melakukan testing localhost. Buka browser yang biasa digunakan kemudian ketik pada address bar: http://localhost lalu tekan enter, berikut tampilan XAMPP.
xampp1 
7. Jika anda ingin menginstal CMS ataupun membuat aplikasi web lainnya, masuk ke direktori /opt/LAMPP/htdocs.

8. untuk mematikan XAMPP ketik perintah berikut di terminal :
sudo /opt/lampp/lampp stop
Semoga bermanfaat!!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran yang sangat berguna serta membawa manfaat yang besar dan dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini dengan syarat-syarat sebagai berikut :
✖Komentarlah sesuai tema
✖Komentarlah dengan baik dan sopan
✖Jangan berkomentar SARA
✖Jangan sampai Spam
✖Jangan Asal COPAS. kalau mau COPAS. silahkan sertakan link sumber

(-‿-) Trimakasih (-‿-)
@Ikhwan Alfath

 
Sahabat Sejaties © 2014. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top